Banner Iklan

Yang sedang Mengunjungi

Kami memiliki 12 guests dan tidak ada anggota yang online

Release/Berita

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)

Kasus penyakit menular yang terjadi di Kabupaten Jember, salah satu peyebabnya adalah Higiene Sanitasi yang cukup memprihatinkan. Data di Dinas Kesehatan Kabupaten ada 12,39% dari seluruh kasus penyakit, adalah penyakit manular yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan yang jelek.
Di Jember Desa/Kelurahan yang telah menetapkan sebagai Desa yang Tidak Buang Air Besar Sembarangan (tidak di sungai, tidak di tegalan, tidak di tempat-tempat umum) baru 40 Desa/Kelurahan dari 248 Desa/Kelurahan. Bahkan pada Sekolah Dasar yang memenuhi syarat sanitasi yang sehat baru mencapai 65,80%, masih ada 34,20% sanitasi di Sekolah belum sehat (dari 734 SD), Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam tataran keluarga perlu untuk di tingkatkan.
Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Program STBM memiliki indikatoroutcome dan output.
Indikator outcome STBM yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku.
Sedangkan indikator output STBM adalah sebagai berikut :

a. Setiap individu dan komunitas mempunyai akses terhadap sarana sanitasi dasar sehingga dapat mewujudkan komunitas yang bebas dari buang air di sembarang tempat (ODF).
b. Setiap rumahtangga telah menerapkan pengelolaan air minum dan makanan yang aman di rumah tangga.
c. Setiap rumah tangga dan sarana pelayanan umum dalam suatu komunitas (seperti sekolah, kantor, rumah makan, puskesmas, pasar, terminal) tersedia fasilitas cuci tangan (air, sabun, sarana cuci tangan), sehingga semua orang mencuci tangan dengan benar.
d. Setiap rumah tangga mengelola limbahnya dengan benar.
e. Setiap rumah tangga mengelola sampahnya dengan benar.

Untuk mencapai outcome tersebut, STBM memiliki 6 (enam) strategi nasional yang pada strategi ini menjadi acuan bagi petugas kesehatan dan instansi yang terkait dalam penyusunan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi terkait dengan sanitasi total berbasis masyarakat.

Biasakan untuk cuci tangan dengan sabun dan air mengalir :
1. Sebelum Makan
2. Sesudah BAB
3. Sebelum Menyiapkan Makanan