Banner Iklan

Yang sedang Mengunjungi

Kami memiliki 14 guests dan tidak ada anggota yang online

Release/Berita

Puskesmas Santun Peduli Lansia

Termasuk Puskesmas kecil dalam lingkup Kabupaten Jember dengan jumlah penduduk yang dapat dikatakan cukup ± 38juta jiwa & jumlah desa 5 wilayah, berada pada letak Geografis dataran rendah itulah Puskesmas Karangduren. Puskesmas tercinta dengan staff Puskesmas yang ramah, melayani sepenuh hati & bertekad “ Selangkah Lebih Baik “ membuat kami selalu berinovasi dalam memberikan Pelayanan Kesehatan kepada Masyarakat.

Puskesmas Santun Lansia, Sebuah Inovasi yang ingin Kami wujudkan di Puskesmas Karangduren dikarenakan ; (1). Secara demografi jumlah penduduk Lansia12 % tahun 2015, 11,5% tahun 2012 dari keseluruhan jumlah Penduduk. Jumlah persentase ini dapat dikatakan besar jika dibandingkan Data rata-rata jumlah Lansia di Indonesia (7,59% Depkes.go.id à Perdatin 2012) (2). Staff Puskesmas yang kooperatif dan mempunyai Tujuan kerja yang Sinergis sehingga jika menemukan kesulitan Kami dapat menyelesaikan bersama.

Bentuk Kesantunan Lansia yang telah Kami laksanakan adalah :

1. Pelayanan dalam gedung mulai dari Loket, Ruang Pelayanan Pemeriksaan, Ruang tunggu, Ruang Pengambilan Obat, Kamar mandi untuk Pasien Lansia Kami buat terpisah dengan pasien lain. Disediakan Kursi roda untuk Pasien Lansia yang kesulitan dalam mobilisasi.

2. Pelayanan Posyandu Lansia, jumlah 8 Posyandu, Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan, Konsultasi, Kunjungan Rumah Lansia & Senam Lansia ditiap Desa, dalam pelaksanaannya Kami berkoordinasi dengan Desa terkait, dan tingkat Partisipasi Desa sangat baik, untuk fasilitas tempat, buku Administrasi, pemberian konsumsi & sebagian transport kader yang tidak ditanggung BOK,bahkan ada Desa yang mengadakan refreshing untuk sasaran Posyandu Lansia, Kader & Petugas Puskesmas secara berkala.

3. Prolanis ( Pengelolaan Penyakit Kronis ) untuk peserta BPJS yang masuk dalam keanggotaan Puskesmas Karangduren,beberapa peserta ada yang tempat tinggalnya bukan wilayah kerja Puskesmas Karangduren tetapi kepesertaan ikut Puskesmas Karangduren, terdiri dari Pralansia& Lansia. Kelompok Prolanis Mahoni Ceria berdiri sejak Januari 2014 beranggotakan sekitar 20 orang, saat ini bertambah menjadi 35 orang. Kegiatan rutin yang dilaksanakan adalah Senam bersama setiap Jumat di halaman Puskesmas Karangduren, Jalan Sehat setiap Jumat Minggu ketiga, Penyuluhan Kesehatan & Pemeriksaan Kesehatan berkala setiap Jumat Minggu Keempat.

Pelaksanaan Prolanis di Puskesmas Karangduren sudah rutin dilaksanakan sejak 2014, sehinggaTahun 2015 Puskesmas Karangduren mendapat kesempatan mewakili Kabupaten Jember, selain Puskesmas Tanggul untuk menghadiri Jambore Pelayanan Primer BPJS Kesehatan di Surabaya. Pada acara ini, diundang seluruh FKTP se Propinsi Jawa Timur yang sudah melaksanakan Prolanis secara rutin.

Sekilas tentang sebagian Kegiatan di Puskesmas Karangduren yang terkait dengan Santun Lansia. Semoga yang telah Kami laksanakan ini dapat meningkatkan derajat Kesehatan Lansia di Wilayah Puskesmas Karang Duren, terutama berkaitan dengan semakin meningkatnya Umur Harapan Hidup yang merupakan salah satu indikator keberhasilan bidang Kesehatan. Jika dalam penampilan kegiatan Santun Lansia ini masih banyak kekurangan Kami mohon petunjuk dan arahannya.